Kamis, 17 September 2009

Nilai Seorang Muslim Bagi Muslim Lainnya

Wallahi! Allah akan bertanya pada kita, apa yang telah kita lakukan demi membela segenap Asraa kita yang tengah ditawan di penjara Yahudi, Salibis, dan Musyrikin… “Mengapa kalian tidak berusaha membebaskan mereka?”

Tidakkah kalian pernah mendengar apa yang dikatakan Umar bin Abdul Aziz kepada Abdurrahman bin Amrah, ketika ia akan mengutusnya ke Konstantinopel untuk membebaskan muslim yang ditawan?

Ia bertanya, “Wahai Amirul Mu’minin! Apa yang engkau perintahkan padaku jika mereka menolak membebaskan seorang muslim dengan tebusan seorang kafir yang kita tawan?” Umar bin Abdul Aziz berkata, “Maka tawarkan pada mereka bahwa kita akan membebaskan dua orang kafir untuk menebus seorang muslim” Ia bertanya, “Bagaimana jika mereka menuntut empat orang kafir demi satu orang muslim?”

Amirul Mu’minin menegaskan, “Berikan apa saja yang mereka minta demi bebasnya seluruh Muslim! Demi Allah! Sungguh demi Allah! Satu orang muslim lebih berharga bagiku daripada seluruh kaum musyrik seandainya seluruh mereka aku tawan. Demi Allah! Ketika engkau membebaskan seorang muslim, sesungguhnya engkau tengah menebus Islam!”

Demi Allah! Kita akan ditanya Allah atas tiap jiwa saudara kita yang ditawan, di Afghanistan, atau di Iraq, atau di seluruh penjuru bumi… Apa yang telah kita lakukan demi membebaskan mereka? (Petikan tausiyah Sheikh Asiir Abu Muhammad Al Maqdisi)

by : arius vitra

0 komentar:

Posting Komentar